Setting Mikrotik di Aplikasi Winbox

http://goblokteknologi.blogspot.co.id/
 Sebelumnya ane membahas tentang "Setting Modem Routers Mikrotik " tapi setting dengan menggunakan Web dan memanggil ip default, tapi sekarang ane mau share " Setting Mikrotik di Aplikasi Winbox". Oke guyz kita langsung ke materi, Cekidot.........!!!

  1. Winbox

  • Apa itu winbox?


Winbox merupakan aplikasi GUI yang digunakan untuk config mikrotik. 
  • Cara mendapatkan winbox?
Winbox dapat didownload dari halaman login dari mikrotik atau dari menu sidebar setelah login ke mikrotik, sebagai berikut :



http://goblokteknologi.blogspot.co.id/
Gambar 1 Download winbox melalui login page
http://goblokteknologi.blogspot.co.id/
Gambar 2 Download winbox melalui dashboard mikrotik
  •  Apa yang bisa dilakukan dengan winbox?
Fungsi dari winbox hampir sama dengan dashboard web di mikrotik, namun jika menggunakan winbox kita bisa mengkonfig mikrotik tanpa perlu IP Address mikrotik tersebut, cukup dengan menscan mac address dari mikrotik. Selain itu kita juga bisa menyimpan daftar mikrotik yang kita konfig. Dan yang paling penting dengan  menggunakan winbox config lebih smooth karenan tidak perlu pusing memikirkan conpetible dari browser.
  • Login ke Mikrotik Via Winbox
By Mac Address
Untuk login ke mikrotik via mac address, bisa dilakukan dengan memasukkan mac address pada colom ip address, atau dengan cara menekan tombol denngan lambang tiga titik “…”. Lalu secara otomatis winbox akan menscan list mikrtik yang terhubung dengan jaringan laptop. Lalu kita tinggal memilih mac addressnya. Dan menekan connect untuk connect ke mikrotik.

http://goblokteknologi.blogspot.co.id/
Gambar 3 Search Mac Address

http://goblokteknologi.blogspot.co.id/
  • By IP Address
Untuk login ke mikrotik dengan IP Address kita cukup memasukkan ip address ke kolom connect to, lalu masukkan user dan password pada kolom berikutnya.  Lalu tekan connect, secara otomatis akan masuk ke mikrotik.
http://goblokteknologi.blogspot.co.id/

  • Menyimpan List Mikrotik
Memiliki mikrotik yang banyak? Tentu saja akan susah untuk diingan. Dengan menggunakan winbox kita dapat menyimpan daftar tersebut dengan cara memasukkan datanya pada kolom winbox, dan menekan save untuk menyimpannya, sebagai berikut :
http://goblokteknologi.blogspot.co.id/

Gambar 6Menyimpan data Mikrotik pada Winbox
2. Setting Mikrotik as Router
Untuk mempermudah monitoring dan troubleshooting jaringan di unit kerja, alangkah baikknya ditambahkan perangkat router. Dalam hal ini, kita dapat menggunkan mikrotik sebagai Router, adapun urutan dalam setting mikrotik sebagai router :
a.    Parameter
b.    Setting Interface
c.    Setting IP Address
d.    Setting Routes
e.    Verifikasi Config
berikut merupakan cara untuk setting mikrotik sebagai Router :
2.1.    Parameter yang dibutuhkan
2.1.1.    IP WAN
Ip Wan merupakan IP yang digunakan untuk komunikasi antara Router dengan Perangkat / Modem dari Provider.Contoh IP Wan :
-    IP sisi Provider : 172.99.99.1/30
-    IP sisi BRI : 172.99.99.2/30
2.1.2.    IP LAN
Ip Lan merukan Ip address dari unit kerja
Contoh IP Lan :
-    1.11.99.1/24
2.2.    Setting Interface
Pada bagian ini kita akan menentukan port interface mana yang akan kita gunakan sebagai port ke provider dan port ke local Lan.
Gambar 7 Menu Interface

http://goblokteknologi.blogspot.co.id/
Gambar 8 Halaman Menu Interface
 Langkah selanjutnya adalah memilih port yang akan kita gunakan sebagai port ke Provider. Kita bebas menentukan port mana saja yang akan kita gunakan. Misal kita menggunakan port 2 sebagai port ke Provider dan port 2 sebagai port ke LAN.
Cara setting port ke provider, dengan cara double klik ke ether2 lalu ubah nama menjadi ether2-Nama Provider. Pastikan pada kolom master port = none, lalu klik OK untuk lanjut.
Gambar 9 Edit Nama dan Master Port Interface ke Modem Provider
Cara setting port ke LAN, dengan cara double klik ke ether3 lalu ubah nama menjadi ether2-LAN. Pastikan pada kolom master port = none, lalu klik OK untuk lanjut.
Gambar 10 Edit Nama dan Master Port Interface ke LAN
 Selanjutnya setelah selesai , halaman interface akan menjadi sebagai berikut:
Gambar 11 Menu Interface setelah disetting
 2.3.    Setting IP Address
Setelah kita mensetting interface yang digunakan, selanjutnya adalah memasang IP Address untuk setiap interface tersebut. Menu setting ip address ini bisa diakses melalui menu “IP->Address” sebagai berikut :
Gambar 12 Akses Menu IP Addresses
http://goblokteknologi.blogspot.co.id/
Gambar 13 Menu IP Addresses
Pertama kita akan setting IP Address yang mengarah ke Provider, dengan cara menekan tombol “+”. Lalu akan muncul form add address, isilah sesuai degan data yang sudah kita miliki sebelumnya. Berikut contoh yang sudah diisi :

Selanjutnya setting IP Address yang mengarah ke LAN, dengan cara menekan tombol “+” lagi. Lalu akan muncul form add address, isilah sesuai degan data yang sudah kita miliki sebelumnya. Berikut contoh yang sudah diisi :
Gambar 15 Menu IP Addresses LANGambar 15 Menu IP Addresses LAN
 Setelah selesai akan muncul seperti berikut pada halaman Ip Address :
Gambar 16 Menu IP Addresses setelah disetting
Apakah sudah selesai? Belum. Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi apakah kita sudah benar dalam setting interface, ip address, dan dalam colok kabel nya. Cara verifikasinya dengan cara membuka terminal dan melakukan ping terhadap semua ip address yang kita miliki, IP address Wan (sisi provider dan router) dan ip address LAN, sebagai berikut :

Konfigurasi yang kita setting sudah bisa dikatakan berhasil jika semua ip yang kita ping reply, sebagai berikut :

 2.4.    Setting Routes
Setelah berhasil setting interface, ip address, dan kabling, selanjutnya kita akan mensetting routing dari router. Bagian ini merupakan bagian  yang paling menentukan karena bagian ini merupakan bagian dimana kita akan menentukan route dari jaringan. Seperti yang sudah kita ketahui. Kita memiliki 2 ip pada Ip Wan, dan ip seggment ip Lan. Goal kita disini adalah, merouting semua tujuan dari Ip Lan kita ke arah kantor pusat melalui Ip wan provider. Atau dengan kata lain, semua IP tujuan akan kita lempar Ke IP Wan Provider.
Cara untuk setting routing, kita bisa masuk ke menu “IP->ROUTES”, sebagai berikut :



Pada gambar diatas, terdapat 2 buah routingan. Dimana routingan tersebut menyatakan ip address 1.11.99.0/24 akan dilempar ke interface3-LAN, dan 172.99.99.0/30 dilempar ke interdace ether2-PROVIDER. Selanjutnya menambah routingn default 0.0.0.0/0 ke arah ip wan provider “172.99.99.1” dengan cara menekan tombol “+” lalu mengisi form sebagai berikut :

Gambar 21 Add Default Route
Setelah mengisi form seperti diatas, lalu tekan apply dan ok untuk kembali ke daftar routingan. Daftar routingan akan bertambah seperti berikut :

 2.5.    Verifikasi Configurasi
Langkah terakhir adalah memlakukan cek apakah sudah benar dan berhasil konfig kita? Caranya tinggal melakukan PING dari IP LAN ke ip kanpus, misal ke server OJK “131.100.55.58” , sebagai berikut :

 Jika sudah bisa reply dan kita bisa mengakses Aplikasi dari kantor Pusat, maka selamat.. kofig kita sudah berhasil.

Oke guyzz sekian dan terima kasih dulu Artikel terkait "Setting Mikrotik di Aplikasi Winbox " dan ini bukan hanya sampai disini aja dan masih ada lanjutan yaitu "Setting Mikrotik Gretunnel Vsat Backup".



Previous
Next Post »

Tuliskan Saran & Kritik Anda.... ConversionConversion EmoticonEmoticon